5 Alasan Kenapa Manusia Perlu Minum Kopi

Ritual minum kopi pada pagi hari ternyata tak selamanya buruk sebagaimana anggapan orang umumnya.Pada kenyataan, menurut para ahli mimum kopi juga memberikan banyak manfaat kesehatan terhadap tubuh manusia itu sendiri.

Begitu pentingnya kandungan dalam kopi, maka merupakan sudah semestinya kenapa manusia perlu mimum kopi selain alasan menambah semangat. Berikut ini lima alasan yang membuat manusia perlu minum kopi sebagaimana dilansir oleh Health Me Up
1.    Kesehatan jantung
Hitam pekat kopi ternyata banyak mengandung antioksida. Kandungan ini berfungsi untuk menekan dan mencegah peradangan pada arteri dan meningkatkan detak jantung. Selain itu, antioksida ini juga berperan dalam mengaktifkan nitrit oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Meski begitu, perlu diingat bahwa mengkonsumsi kopi secukupnya sangat penting. Jangan terlalu berlebihan.

2.    Meningkatkan kekuatan otak
Dari hasil penelitian disebutkan, antioksida juga berfungsi sebagai benteng dalam mencegah kerusakan sel otak. Maka hanya dengan meminum kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer, demensia, dan Parkinson yang kebanyakan menyerang otak manusia.

3. Sakit kepala

kopi juga berperan dalam meningkatkan aktivitas pada otak, maka secara otomatis, kopi juga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat sakit kepala. Hal ini terutama jika sakit kepala disebabkan oleh tekanan pembuluh darah. Mengkonsumsi 200 miligram kopi bisa jadi sangat efektif untuk mengobati sakit kepala, bahkan migrain.

4. Meningkatkan metabolisme
kopi bisa merangsang metabolisme. Orang yang terbiasa minum kopi berkemungkinan sangat kecil untuk terkena obesitas karena tingkat metabolisme mereka yang tinggi.

5. Menurunkan risiko diabetes

Rasa pahit kopi ternyata bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2. Antioksida yang ada dalam kopi membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Pada akhirnya hal ini akan membantu untuk mengatur gula darah.

Itulah beberapa manfaat meminum kopi, namun bukan berarti dianjurkan untuk meminumnya tanpa memperdulikan dosis kopi dan kafein. Soalnya, Terlalu banyak minum kopi, terutama karena kandungan kafein di dalamnya, bukannya bermanfaat malah akan mengganggu kesehatan Anda.

REKOMENDASI Post Penulis