Soal Secarik Kertas, Inilah Versi Okezone dan Kompas

Sebagai salah satu media online, Okezone ternyata begitu jeli melihat suasana debat capres-capres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Senin (9/6/2014) malam.

Salah satu yang tak luput dari pengamatan media ini, yakni mengenai kertas yang nongol di balik jas warna hitam Jokowi. Kejadian tersebut langsung menjadi bahan berita tanpa perlu menunggu atau sekadar menayakan kepada pihak yang bersangkutan, dengan judul yang cukup nyentil  ‘Ups… Kertas Contekan Nongol di Jas Jokowi’ silakan klik link ini

Soal secarik kertas pada jas Jokowi juga ternayata juga turut mengundang perhatian media onelin lainnya, Kompas.com. Namuan sayang, pemberitaan yang dimuat Kompas sangat jauh berbeda dan yang paling membedakan adalah pernyataan Jokowi sendiri.

Sebagaimana dilansir dari kompas.com, Jokowi menjelaskan secarik kertas tersebut bukan sebuah contekan. “Ini bukan contekan, ini surat doa dari ibu saya,” ujarnya, silakan  klik disini.

Masih dalam pemberitaan tersebut, Jokowi membuka lipatan kertas di hadapan wartawan. Berukuran 5×10 sentimeter, kertas tersebut diperbolehkan Jokowi untuk dipotret oleh para juru warta meskipun tak lama.

Berdasarkan potret yang didapat dari sekejap kesempatan yang diberikan Jokowi, tulisan tangan di atas kertas itu merupakan doa memudahkan lisan untuk mendebat pernyataan lawan. Bunyi tulisan itu adalah “Rabbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii'”.

Adapun tulisan Latin di bawah tulisan Arab tersebut merupakan ejaan doa dan di bawahnya terjemahan dari doa yang pertama kali dilantunkan Nabi Musa saat harus berdebat berhadapan dengan Firaun. Arti doa tersebut secara ringkas merupakan permintaan kepada Tuhan agar memberikan kelapangan dada dan kelancaran berbicara dalam perdebatan.

REKOMENDASI Post Penulis