Melancong Purwakarta, Sate Maranggi

Indonesia bukan hanya kaya akan keindahan alam dan budaya, tapi juga tak ketinggalan kuliner. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas yang patut disantap. Misal saja Purwakarta, sebuah kawasan yang menurut Wikipedia, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia terletak ±80 km sebelah timur Jakarta.

Yups, jika kamu kebetulan melancong melihat nuansa Waduk Jatiluhur  atau secara kebetulan mampir di rumah makan sebelum melanjutkan perjalanan, sebagai pilihan menu terbaik adalah sate maranggi dijamin enggak akan nyesal. Soalnya, sate ini bisa dikatakan paling kaya ketimbang sate pada umumnya.

Apa itu? Sate maranggi selain memakai daging yang khas dengan berlumur bumbu rempah, masih terdapat campuran kelapa, ancom dan saat menyatapnya bersamaan dengan uli. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya?
Penasaran dan enggak ada waktu ke Purwakarta, Anda bisa melihat resep di bawah ini sebagai panduan untuk meracik sendiri santapan khas Purwakarta ini. Beriku resep sate maranggi berdasarkan data-data yang diambil dari sejumlah sumber:

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

400 gram daging has dalam, dipotong 2x2x1 cm
150 gram lemak sapi, dipotong 2x2x1 cm
2 sendok teh minyak goreng
4 sendok makan kecap manis
26 buah tusuk sate
Bumbu Halus:

1 1/2 sendok makan ketumbar
1 sendok teh garam
75 gram gula merah, disisir halus
Bahan Sambal Oncom:

250 gram oncom, dihaluskan
1.000 ml air

Bumbu Halus:

4 butir bawang merah
5 buah cabai rawit merah
5 buah cabai merah keriting
1 3/4 sendok teh garam
1 1/4
4 cm kencur
2 cm jahe
Bahan Pelengkap:

6 potong uli bakar

Cara Meracik Sate Maranggi Khas Purwakarta
1 Daging dan lemak direndam dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan kecap manis serta minyak goreng. Lalu diremas-remas dan diaduk rata. Diamkan selama 1 jam dalam lemari pendingin.

2. Setelah itu, tusuk daging menggunakan tusuk sate.

3. Bakar sambil diolesi sisa bumbu hingga matang. Sisihkan.

4. Membuat sambal oncom yaitu air direbus sampai mendidih, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan oncom. Aduk rata. Dimasak hingga matang.

5. Siramkan sambal oncom pada sate. Sajikan dengan uli bakar.

(JalaRasa)

REKOMENDASI Post Penulis