Sajian Menu Sahur Ini Bikin Puasa Pertama Tetap Bugar

Pada hari pertama menjalankan ibadah puasa biasanya badan akan terasa lemas. Kondisi demikian terjadi lantaran tubuh seseorang dipaksa menerima perubahan kebiasaan, yang awalnya makan sehari tiga kali disertai dengan cemilan.

Nah, agar terhindar dari tubuh lemas dan tetap menjalankan puasa dengan tubuh tetap bugar, maka empat hal ini perlu menjadi sajian saat menyantap sahur. Keempat sajian ini penting guna meningkatkan energi dalam menjalankan puasas seharian, antara lain:

1. Air Lemon
Meminum segelas air hanya yang telah dicampur air lemon atau jeruk nipis saat sahur memberikan manfaat untuk tubuh. Kandungan air lemon ini cukup ampuh mendetox liver dan juga akan meningkatkan oksigen dan kalsium dalam hati yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah. Hal tersebut sebagaimana dipaparkan pakar food combining, Erikar Lebang, dalam bukunya yang berjudul ‘Food Combining di Bulan Ramadhan’.

2. Perbanyak Ekstra Air Putih dan Hindari Minum Kopi atau Teh

Saat sahur perbanyak menyantap makanan yang berkuah atau bisa juga minum jus tanpa gula.  Kalau bisa hindari  dari kopi dan teh.  Terlampau bayak meminum kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. “Gula membuat kadar gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Akibatnya tubuh jadi cepat lemas. Sebaiknya minum jus buah alami tanpa gula,” papar praktisi gaya hidup sehat, dr. Phaidon L. Toruan.

3. Protein Sehat

Sesuai saran dr. Phaidon, konsumsi makanan yang mengandung proten saat menyantap sahur. Perlu diperhatikan adalah cara mengelola makanan tersebut, hindari makanan yang digoreng karena lemak dari minyak bisa membuat Anda mudah mengantuk. Masaklah makanan dengan cara direbus, kukus, pepes atau panggang.

4. Buah

Kandungan yang terdapat dalam buah berguna sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.

REKOMENDASI Post Penulis