CEO Bukalapak Berbagi Pengalaman Soal Investor

AngkringanWarta.com,-Saat Anda ingin melangkah untuk melanjutkan sebuah usaha, misalnya saja dalam bidang jasa sablon. Kala itu juga Anda masih terjebak dalam persoalan dana. Yups, kata dana ini menjadikan Anda merasakan kesulitan melangkah untuk mengembangkan usaha yang telah lama dirintis.

Memang mendapatkan suntikan dana dari investor bukan perkara yang mudah. Atas dasar itulah yang membuat Anda merasakan kebingungan mesti bagaimana agar perusahaan jasa sablon terus berkembang.

Jika benar demikian, maka apa yang tengah Anda alami juga sempat dialami Founder sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky yang dikutip dari okezone. Ia pun berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan investor dari Batavia Inkubator setelah beberapa kali mendapatkan penolakan.

Menurut Zaky, terdapat dua hal yang menjadi kunci sukses untuk menggait investor, yakni mempunyai produk bagus serta kemampuan presentasi bagus menjadi kunci sukses menggait investor. Oleh sebab itu, mulailah dari diri sendiri untuk terus memperbaki kinerja dalam roda usaha.

Usai Anda berhasil memperbaiki kinerja Anda dan dapat menggambarkan bagaimana usaha yang Anda rintis bagus atau memiliki masa depan yang cerah. Selanjutnya adalah bagaimana Anda mempunyai kepercayaan diri saat anda mempresentasikan bisnis anda pada investor.

Ia menceritakan pengalamanya saat saat pertama kali mempresentasikan bukalapak pada Batavia Incubator yang merupakan perusahaan gabungan dari Rebright Partners.

Dipanggil ke Jepang untuk mempresentasikan bisnis bukalapak membuat Zaky gugup sehingga materi tidak bisa disampaikan dengan baik. Padahal semuanya sudah dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Untungnya yang namanya rejeki tidak lari kemana. Zaky mendapatkan kesempatan kedua dari Gree Ventures dan berhasil meyakinkan mereka untuk mengucurkan dananya ke bukalapak.

Lebih lanjut, kata dia, masih ada satu hal yang tak kalah penting, yakni menjaga kepercayaan yang telah diberikan investor. Gunakan dana yang diberikan untuk semata-mata untuk mengembangkan usaha. Jika anda menggunakan prinsip ini dengan benar, percayalah usaha yang anda rintis akan lebih sukses dan mudah untuk mendapatkan investor lagi dan lagi. Bahkan mungkin bukan anda yang mencari tetapi anda telah menjadi incaran para investor.

REKOMENDASI Post Penulis