A Copy of My Mind , karya anak bangsa di festival internasional

Film A Copy of My Mind merupakan film karya anak bangsa yang berhasil menembus festival-festival luar negeri. Film karya Joko Anwar ini juga akan tayang di Venice Film Festival ke-72, Italia. Venice Film Festival ke-72 sendiri akan digelar dari tanggal 2 sampai 12 September 2015.Totalnya, ada 33 film yang berada di segmen ini — 18 film panjang dan 15 film pendek. Film ini akan berkompetisi di segmen Orizzonti (Horizons). Joko menjelaskan, “orrizonti kalau diartikan adalah horizon. Di Italia, section ini menampilkan film-film yang menunjukkan tren baru dari perfilman dunia.”

Selain itu, film ini akan tayang perdana di Toronto Film Festival 2015 di Kanada pada 10-20 September. Film ini masuk segment Contemporary World Cinema pada perayaan Toronto Film Festival ke-40 tersebut. Sebelumnya, film ini telah mendapatkan predikat sebagai film terbaik di Asian Project Market, Busan International Film Festival, pada tahun 2014. Berkat gelar tersebut, film perdana dari rumah produksi Lo-Fi Flicks ini pun mendapatkan hadiah uang US$ 10.000 dari CJ Entertainment Korea Selatan untuk mendukung praproduksi film ini.

Joko menuturkan bawa produksi film ini memakan waktu sepanjang delapan bulan, terhitung sejak proses perekrutan kru dan tim produksi. Sementara proses syutingnya memakan waktu delapan hari, dengan bujet dan kru serta pemain terbatas. “Seorang Joko Anwar hanya membutukan budget 200 juta untuk satu film,” imbunya sembari tertawa dalam acara LA Movie Camp 2015 pada Sabtu (22/8) di Gedung Usmar Ismail Jakarta.

Joko akan membuat film ini dalam cerita trilogi. Berawal dari A Copy Of My Mind kemudian akan berlanjut dengan Jakarta: Copy of My Heart danCopy of My Soul. Namun, tiga film itu berdiri sendiri dan tidak berkelanjutan. Nantinya, tema ketiga film akan dipersatukan ole sebua benang merah. (Citra)

REKOMENDASI Post Penulis