A Copy of My Mind , Gaya baru Joko Anwar

Film-Joko-Anwar-A-Copy-of-My-Mind-Berkompetisi-di-Festival-Film-Venice-(1)AngkringanWarta.com,-Joko Anwar dikenal dengan film Pintu Terakhir dan Modus Anomali. Keduanya bergenre thriller. Kali ini dia menggarap film terbarunya berjudul A Copy Of My Mind. Berbeda karya Joko Anwar sebelumnya, A Copy Of My Mind merupakan film bergenre drama romatis.

Film ini mengisahkan hubungan asmara Alex dan Sari yang berasal dari kalangan menengah. Sari merupakan pekerja salon pinggiran dan Alex merupakan penjual DVD bajakan. “Film ini berbeda dari sebelumnya, di A Copy of My Mind saya menggarap film percintaan,” tuturnya dalam acara LA Movie Camp 2015 pada Sabtu (22/8) di Gedung Usmar Ismail Jakarta.

Namun, tak cuma drama percintaan, Joko juga memasukan unsur sosial politik dalam film. Joko ingin menguak realitas yang tampak dalam kehidupan sehari-sehari dan tanpa disadari mempengaruhi hidup orang banyak. Menurutnya, masyarakat Indonesia dekat dengan politik. Konflik mewarnai kisah cinta mereka saat mereka tak sengaja menemukan bukti kejahatan yang melibatkan calon presiden. Mereka menemukan kepingan DVD berisi bukti yang dapat membuat salah satu kandidat didiskualifikasi dari ajang pemilihan presiden — seorang tokoh yang dikhawatirkan akan menjadi sosok diktator apabila dirinya sampai terpilih.

Selain itu, film ini unik karena memasukan identitas yang jelas mengenai latar tempat dan waktu. Di film-film Joko Anwar sebelumnya tak menunjukan identitas jelas soal tempat dan waktu. Film A Copy Of My Mind menunjukkan identitas Jakarta dan waktu saat ini.

Menurut Joko, A Copy of My Mind ingin dibuat seperti kapsul waktu untuk Indonesia. Joko ingin merekam kondisi Indonesia, pada 2015. Dia bercerita, “saya ingin A Copy of My Mind jadi time capsule Jakarta, Indonesia, sekarang. Jadi di masa depan melalui film ini, nanti kita bisa melihat situasi Indonesia saat ini.”

Film ini dibintangi Chicco Jerikho (Alex) dan Tara Basro (Sari). Selain Chico dan Tara, film juga dibintangi oleh Maera Panigoro, Paul Agusta, Ario Bayu, Tony Setiaji dan Ronny P. Tjandra. Rencananya film ini akan ditayangkan di Indonesia pada awal 2016. (Citra)

REKOMENDASI Post Penulis