Seandainya, Ngelancong Keliling Indonesia

Membanyangkan saja sudah bikin iri. Bagaimana, coba banyangkan saja dapat undangan untuk ngelancong alias jalan-jalan untuk menikmati suguhan indahnya pemandangan, budaya , dan kuliner Indonesia. Sungguh, bagi saya kebetulan gemar melakukan perjalanan meskipun sangat jarang sangat berharap mendapatkanya.

Tapi, ya sudah mau bagaimana lagi? Saya bukan termasuk salah satu blogger Indonesia yang diberi kesempatan untuk mendampingi 27 travel blogger dunia yang secara khusus diundang Kemenpar untuk ngelancong ke berbagai destinasi Nusantara.

Berharap saja, semoga rencana Kemenpar untuk mempromosikan pariwisata Indonesia membuahkan hasil, apalagi mereka melaukan perjalanan selama dua minggu. Sebagaimana dikatakan Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, Noviendi Makalam

“International Bloggers Trip berlangsung selama dua minggu, dari tanggal 3 sampai 17 Oktober 2015. Diikuti 27 travel blogger dari berbagai negara, seperti dari Australia, India, Korea, Singapura, Malaysia, UK, Hong Kong, Italia, Belanda, Tiongkok, Taiwan, Spanyol, Prancis, dan USA,” ujarnya, dilansir detikTravel, Minggu (4/10/2015).

Noviendi menambahkan, para travel blogger tersebut akan diajak ke tiap destinasi yang tersohor di Indonesia. Contohnya, ke Bandung, Yogyakarta, Gunung Bromo, Bali sampai ke Pulau Komodo. “Hari ini sedang di Bandung dan sore ini rencananya ke Saung Angkulng Udjo. Mereka sangat antusias. Kemarin saja baru landing, kita kasih makanan dan langsung foto-foto,” paparnya.

Tuga para travel blogger hanya memposting foto atau tulisan hasil suguhan ke dalam blog pribadi, Facebook, Twitter dan Instagram. Mereka pun, ditemani oleh 13 travel blogger Indonesia.

Bagi Noviendi, fam trip dengan mengajak travel blogger ini menjadi salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Sebab, travel blogger yang diundang bukanlah travel blogger sembarangan.

“Kita seleksi yang terbaik, mereka punya banyak followers. Begitu mereka posting, followers-followers di negaranya akan langsung melihat. Sangat efektif,” ungkapnya.

Hingga kini sudah tiga fam trip yang mengundang travel blogger dari mancanegara, sebelumnya traveler blogger dari Tiongkok dan Singapura. Ke depannya, menurut Noviendi bakal terus diadakan acara seperti ini.

“Yang dari Tiongkok khusus pasar Tiongkok, yang Singapura kerja sama dengan Garuda Indonesia dan yang sekarang dari pihak Kemenpar sendiri. Kita mau fam trip ini ramai di negara mereka. Ke depannya, nanti kita evaluasi bagaimana kegiatan ini,” pungkasnya.

REKOMENDASI Post Penulis