Saat City Tanpa David Silva

Manuel Luis Pellegrini Ripamonti tertunduk lesu menyaksikan anak asuhnya tak kunjung juga mampu ketertinggalan. Kali ini, raut wajahnya tak seperti pada pertandingan sebelumnya, kala pemain City begitu perkasa menjebol pertahanan lawan.

Dengan berat hati, pelatih asal Chili memberikan selamat kepada Slaven Bilic atas keberhasilan West Ham sebagai tim pertama yang berhasil mengalahkan City dengan skor 1-2.

Wajah muram kembali terlihat. Kali ini bahkan terasa lebih menyakitkan, tim kaya dengan segudang pemain bintang tak berdaya menghadapi gempuran Tottenham Hotspur. Ia menoleh deretan bangku cadangan, sorot mata menatap setiap pemain seakan mencari pemain mana yang bisa menambah daya gedor.

Namun sayang, David Silva masih terkapar dalam ruang perawatan. Cedera yang didapat pemain asal Spanyol ini kala melakukan pemanas jelang pertandingan City Vs West Ham, Sabtu (19/9/2015) dengan skor 1-2.

Lalu menyusul Tottenham Hotspur yang membantai Citizen Sabtu (26/9) malam dengan skor telak 4-1. Dua kalai Pellegrini menelan kekalahan di Liga tanpa kehadiran David Silva.

Boleh saja, sang manejer berkilah, kekalahan yang didapat dari West Ham bukan lantaran absennya cedera David Silva. “Saya tak mau menjadikan Silva sebagai alasan kenapa kami tidak menang,” tutur Pellegrini di situs resmi City.

Pada kenyataan, dua kekalahan City tanpa kehadiran Silva membuat lini tengah minim kreatif. Al hasil, striker setajam Sergio Aquro nampak kesulitan menyarangkan si kulit bundar. Hal ini jauh berbeda saat pemain asal Argentina berhasil melesatkan lima gol ke gawang Newcastle United, yang mana lini tengah City begitu leluasa dengan kehadiran Silva. Bisa disimak sendiri City dengan adanya David Silva.

Pellegrini sendiri sempat melontarkan pujian untuk Silva. Menurut mantan pelatih Real Madrid, Silva telah menampilkan permainan yang sangat brilian. “Saya menikmati ketika pemain teknis bermain dalam cara teknis. David Silva memainkan permainan brilian, terutama pada babak pertama dan tidak membuat kesalahan,” katanya kepada Sky Sports News.

Menurut situs statistik whoscored, Silva sebagai salah satu pemain City yang paling bersinar pada awal musim ini. Maka tak mengherankan jika pemain mungil ini berada diposisi pertama dalam daftar pemain City dengan performa terbaik.

Silva telah mencetak satu gol dan empat assist dengan persentase umpan sukses mencapai 89,8%. Dia mendapatkan ponten 8,03, tertinggi di antara semua pemain City.

Dan saat ini, Silva menderita cedera setelah mendapat tekel keras dari belakang saat Spanyol menang 4-0 lawan Luksemburg, Sabtu (10/10/2015) dini hari WIB. Ia ditarik keluar setelah sembilan menit pertandingan denga Harian As mengatakan bahwa Silva menderita cedera ligamen ankle.

Lantas bagaimana perjalan City tanpa kehadiran Silva, mungkinkah pasukan Pellegrini kembali menelan kekalahan. Apa lagi pertandingan yang akan dihadapinya merupakan musuh bebuyutan, Manchester United pada pekan kesepuluh Liga Premier Inggris, yaitu 25 Oktober mendatang.

REKOMENDASI Post Penulis