Siti Raih Berbagai Penghargaan

Film Siti terpilih sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Selain itu, Siti menyabet gelar Penata Musik Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik. Siti adalah film panjang hitam putih pertama Eddie Cahyono sebagai sutradara. Selain karena minim budget, Eddie memilih layar hitam putih untuk menambah efek dramatisir setiap penggalan scene dan konflik.

Film Siti merupakan produksi Fourcolours Films Jogjakarta. Film ini diputar perdana di Jogja Netpac Asian Film Festival ke-9 tahun 2014. Setelah dirilis pada Desember tahun lalu, Siti diputar di beberapa negara. Film berdurasi 91 menit ini mampu mendapatkan berbagai penghargaan internasional dan langsung menarik perhatian.

Setting film Siti mengambil lokasi di Pantai Parangtritis. Proses syuting hanya memakan waktu enam hari. Film ini menggambarkan perjuangan perempuan dalam perannya sebagai istri. Walau tampak sederhana, prestasi yang didapat film ini begitu mewah.

Film ini berhasil meraih Best Performance di Singapore International film Festival 2014. Di Shanghai International Film Festival ke-18 pada 13-21 Juni 2015 lalu, Siti didapuk sebagai sinematografi terbaik dan naskah film terbaik untuk kategori New Asia Talent Competition.

Film berbiaya 150 juta ini juga berhasil masuk nominasi di berbagai festival film bergengsi di luar negeri. Film ini tayang di Udine Far East Film Festival (Italy), Telluride Film Festival (America Utara), Vancouver International Film Festival, International Film Festival Rotterdam, Viennale International Film Festival, Hamburg Film Festival, Polandia Film Festival, dan Toronto Film Festival.

“Saya senang sekali. Film ini telah dirilis dari tahun lalu. Sudah masuk dalam berbagai festival dan kembali ke rumah (Indonesia) dan mendapat sambutan luar biasa. Ini adalah gongnya. Karena kami tidak menyangka film kami akan menang di FFI. Ini adalah apresiasi yang luar biasa,” ujar Ifa Ifansya, produser Siti, saat ditemui usai pembacaan nominasi oleh Anies Baswedan, di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Senin (23/11/2015) malam.

REKOMENDASI Post Penulis