Film Berbudget Rendah Tetap Prima

Penjurian Piala Citra 2015 telah menelurkan tiga film dengan perolehan penghargaan terbanyak, yaitu Film Guru Bangsa Tjokroaminoto, Siti, dan A Copy of My Mind. Tjokroaminoto meraih piala untuk Sinematografi, Pengarah Artistik, dan Perancang Busana Terbaik. Siti meraih gelar film terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Penata Musik Terbaik. Sedangkan A Copy of My Mind diganjar piala di kategori Penata Suara Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Joko Anwar, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Tara Basro. Dari ketiga film tersebut, Siti dan A Copy of My Mind berbudget minim.

Film A Copy of My Mind yang disutradai Joko Anwar ini berbudget 200 juta. Joko menuturkan bahwa produksi film ini memakan waktu sepanjang delapan bulan, terhitung sejak proses perekrutan kru dan tim produksi. Sementara proses syutingnya memakan waktu delapan hari dengan bujet dan kru serta pemain terbatas. “Seorang Joko Anwar hanya membutukan budget 200 juta untuk satu film,” imbuhnya.

Sementara itu, film Siti berbudget lebih kecil. Siti diproduksi dengan budget 150 juta.
Sutradara sekaligus penulis skenario Siti Eddie Cahyono mengatakan butuh waktu satu minggu untuk membuat naskah dan dua bulan untuk menuangkannya dalam bentuk scenario. Selebihnya, proses produksi Siti terbilang cepat, hanya enam hari. Namun, semua pihak yang terlibat mau memberikan totalitasnya sehingga Siti mampu menjadi film yang menyentuh hati banyak orang.

Produser Siti Ifa Isfansyah mengatakan sangat bersyukur karena film berbudget Rp 150 juta ini mendapat apresiasi luar biasa dari FFI 2015. Dia berharap hal ini dapat menjadi pendorong bagi bagi para sineas Indonesia yang jauh dari industri perfilman.

Kedua film low budget ini tak cuma prima di dalam negeri. Sebelum terdaftar di FFI 2015, kedua film ini telah melalang buana di berbagai ajang festival film bergengsi di luar negeri. Bahkan, di beberapa festival, film ini mampu membawa pulang penghargaan. Pada tahun 2014 saja kedua film telah memboyong penghargaan internasional. A Copy of My Mind terpilih sebagai film terbaik di Asian Project Market Busan International Film Festival pada tahun 2014. Sementara, Siti terpilih sebagai Best Performance di Singapore International film Festival 2014.

Akhirnya, kemenangan A Copy of My Mind dan Siti di ajang nasional dan internasional menunjukkan bahwa film low budget memiliki kesempatan sama besar untuk bersaing dengan film-film berdana besar lainnya.

REKOMENDASI Post Penulis