Sruput Kopi, Soal Ide Bisnis Nonsens !!!

AngkringanWarta,-Soal Ide  Bisnis adalah Nonsens, yang ada sebenarnya adalah ragu-ragu bahkan cenderung mengarah kepada ketakutan !!! judulnya kaya provokator gitu. hehehe. Sengaja biar kesan gimana gitu.

Yups, orang dibuat ragu-ragu makanya enggak jalan-jalan. Ragu-ragu itu beda dengan sporadis, kalau sporadis adalah langsung sikat tanpa perhitungan.

Ini sebenarnya hanya sebuah catatan dari obrolan semalam di warung kopi (warkop).

Malam itu, Sruput kopi hitam dan sudah hampir 30 menit lamanya menanti. Ya begitulah adanya, waktu akan berjalan lambat saat menanti dan rasa-rasanya setiap orang memahami itu. Tapi, beruntung ada secangkir kopi meski terlampau bahkan sangat manis. hehehe.

Ujung, ia datang juga. Dia adalah seorang kawan yang sangat jarang berjumpa. Ia langsung memesan kopi hitam. Perlahan obrolan dimulai dari pertanyaan basa-basi, politik, ekonomi, aktivitas, dan tak ketinggalan perkara curhatan bisnis.

Curhatan bisnis? Untuk satu hal ini bukan yang pertama ia sampaikan. Kalau diingat-ingat kurang lebih sudah tiga tahun yang lalu berbicara soal bisnis. Namun sampai detik ini ia malah minta soal ide bisnis. Ia meminta masukan soal bisnis apa?

Kaya saya sudah pembisnis ulung saja, buktinya saya sendiri masih ngerasa njilimit ngejalanin bisini yang sedang berjalan ini. Yups, kebetulan saja saya tengah bisnis konveksi kaos dan jasa sablon manual. Kalau ada yang tertarik bikin kaos langsung aja kontak saya. hehehe, promosi.

Kembali pada titik pembasan, yakni curhatan soal ide bisnis. Pada dasarnya dan saya mesti terus terang dalam perkara ini saya sendiri tak bisa ngasih pencerahan yang benar-benar terang-benderang. Pada obrolan itu, saya malah balik bertanya, lo sendiri ingin bisnis apa?

“Nah itu dia, gw sendiri gak tau mau bisnis apa,” jawabnya.

Sebagai teman yang baik, saya mencoba membantu ia dengan mencari jawaban pada embah google dengan kata kunci ‘ide bisnis’. Alhasil, muncul beragam artikel yang berbicara tentang ide bisnis, tapi kok malah jadi aneh. Yups, saya sendiri merasa aneh dengan artikel yang bermunculan. Dari sana saya simpulkan, wajar teman saya juga bingung. hehehe.

Pendapat saya pribadi, perkaranya bukan enggak ada ide melaikan keraguan. Jadi soal ide itu nonsens. Sebab, perkara utamanya adalah  keraguan yang menimpa teman saya itu. Jadi bisa dikatakan masalah utama adalah keraguan.

Saya langsung menyerang dia dengan pertanyaan. Soalnya, saya sangat yakin dia sanggup kok menjalankan bisnis jika benar-benar niat. Yups, seandainya teman saya bersungguh-sungguh berniat bisnis dengan apa yang ia kuasai pastilah akan dirumuskannya. Soalnya, saya sangat nyakin dia bisa menjalankan bisnis selama enggak ada keraguan.

Ternyata benar saja, ia ragu bahwa bisnis bakal berjalan. Wah, belum jalan saja udah ragu lalu bagaimana mau ngejalanin bisnis.

 

 

REKOMENDASI Post Penulis