Tips Supaya Traveling Kamu Enggak Hutang

rencanakan keuangan di www.finansialku.com

AngkringanWarta,-Ngelancong atau jalan-jalan atau dalam bahasa bekennya traveling, siapa yang enggak mau apalagi sampai ke luar negeri.  Saya sendiri ngiler saat buka akun istagram dan muncul foto  selfie di samping tempat-tempat keren di dunia.

Kok dia bisa sih traveling sampai negara di sana, kasih saran dong agar saya juga bisa ngikuti jejak kamu? Tapi, tolong jangan kasih saran untuk ngutang nanti bukanya senang-senang malah dicari bahkan dicaci maki seperti kasus Francisca Paisal.

Perempuan yang demen traveling ke luar negeri ini bikin heboh dunia maya gara-gara hutang, kalau kejadian kaya gitu kan gak asik malah bikin beban dan pastinya enggak tenang.

Dikisahkan, tagar #BacotSispai muncul dan ramai di jejaring sosial Twitter pada Jumat malam (7/4). Saat itu akun @takdos dan @carimichan kultwit tentang keresahan mereka tentang seseorang bernama Francisca Paisal. Cewek ini sudah berhutang duit sana sini buat jalan-jalan. Dan ketika ditagih pun ngilang

Lalu asyik gimana?

Sebenarnya ada cara untuk bisa ngelancong selain pasti hutang. Caranya pun cukup sederhana, yakni tinggal membagikan pendatapan. Kebetulan ada bocoran dari  milyarder asal Hongkong, Li Ka Shing , ia secara sukarela ngasi bocoran agar kamu bisa ngelancong atau traveling.

Caranya  penghasilanmu harus dibagi menjadi 5 bagian.  Entah berapapun penghasilan yang kamu dapat tiap bulannya.

Pertama kali,  alokasi uang untuk biaya hidup sebanyak  30 % dari pendatapanmu. 

keuangan
Belajar menghitung keuangan di http://omegasoft.co.id

 

Ini adalah penting sangat penting. Sebab ini termasuk kebutuhan atau biaya hidup yang harus menjadi prioritas dalam hal menglokasinya.  Biaya hidup mencakup uang makan, tempat tinggal maupun transportasi. Jangan lupa kebutuhan bulanan seperti listrik maupun jajan.

Rancanglah agar 30% itu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam sebulan, kalau perlu hemat yak hemat kaya Presiden Jokowi yang hidup sederhana, nggak banyak gaya.

Untuk tempat tinggal carilah kosan murah, atau bisa patungan dengan teman kamu. Sementara untuk transportasi biasakan bersepeda atau jalan kaki.

Berikutnnya, bagian kedua adalah untuk nongkrong atau sosial sebesar 20 %. Ini cukup penting bukan hanya agar kamu enggak dibilang sombong, tapi juga menambah  jaringan

tongkrongan-1
nongkrong di www.angkringanwarta.com

 

Nongkrong sebenarnya bukan hanya untuk buang-buang waktu terutama uang, tapi ada juga manfaatnya. Selaian bermanfaat agar kita enggak dianggap orang yang sombong dan medit. Apa itu?

Sebenarnya kehidupan nongkrong kerap dilakukan para pengusaha dan orang-orang besar di luar sana. Hal itu dilakukan guna menambah jaringan pertemanan. Ini sebagai kunci sukses mereka.

Tapi ingat jangan sampai kehidupan nongkrong menganggu keuangan. Nah cukuplah alokasi sebanyak 20% dari pendapatamu. Dana tersebut sudah termasuk untuk  pulsa, kuota data untuk menjalin komunikasi di media sosial, maupun menraktir teman untuk makan malam.

 

Berikutnya, bagian ketiga adalah biaya untuk pendidikan 15 % dari pendapatamu. 

belajar
belajar di http://berkahkhair.com

 

Ada pepatah belajarlah apa pun itu sampai ajal menjemputmu. Ilmu apa pun itu nantinya akan menambah nilai. Untuk perkara yang satu ini dibutuhkan dana 15% dari penghasilan.

Perkara yang satu ini saya mau curhat sedikit, saat ini hal yang satu ini kerap kali dilupakan.  Padahal saya sendiri masih ngerasa sangat kurang terutama kemampuan bahasa asing dan hal-hal lainya. Apalagi jika saya ingin ngelancong ke luar negeri pastinya sangat penting untuk pandai bahasa asing.

 

Berkutnya adalah Bagian keempat, yakni dana untuk wisata sebesar 10 % dari pendapatan. 

traveling
sisakan uang di http://travel.grivy.com

 

 

Akhirnya yang ditunggu-tunggu sampai juga, yakni dana untuk ngelancong. Teman-teman juga pasti udah enggak sabar menantinya. Dana ini sangat penting bagi yang ingin ngelancong agar enggak kejebak hutang kaya  Sisspai yang ingin traveling sampai hutang dan dimaki-maki.

Bikin malu……

Agar kesenangan ngelancong tetap jalan maka perlu alokasiin dana sebesar 10% dari pendapatan. Coba dah hitung pemasukan dan belajar nabung dengan menyisihkan anggaran 10%, pasti bisa kok jalan-jalan.

 

Terakhir, bagian ke lima adalah alokasi untuk investasi sebesar 25 %.

Emas-Antam1
investai emas di www.angkringanwarta.com

rancangan-keuangan

 

Saat semuanya sudah kebagian lalu sisa pendapatan ke mana? Sebaiknya sisa pendapatan sebesar 25% dijadikan sebagai investasi. Ini sangat penting loh sebagai massa depan. Ingat bukan untuk sesuatu yang sifatnya poya-poya atau senang-senang.

Kesangan itu ada resikonya jika dilkukan terlalu berlibihan, hati-hati nanti bisa terjerat hutang hanya karena ingin dipandang wah.

Investasi banyak jenisnya, kamu bisa  beli emas, beli ternak, investasi dalam bentuk usaha,  termasuk pula saham. Dengan begitu duit kamu enggak hilang, kalau bisa  kurangilah duit tertidur di bank.  Putarkan uangmu dan nikmati hasilnya kelak di kemudian hari.

REKOMENDASI Post Penulis