Ngelancong, Menelusuri Jejak Erupsi Merapi

erupsi gunung merapi foto @jala_rasa

AngkringanWarta.com, Segala macam menyisakan segala hal, sebagaimana erupsi gunung merapi yang terjadi beberapa tahun yang lalu menyisakan pemukiman yang hancur dan juga keajabian alam. Kami pun menelusuri sisa-sisa erupsi gunung merapi. Entah dengan apa kita menyikapi cerita duka yang datang dari saudara kita berpa tahun yang lalu. 

menelusuri erupsi gunung merapi foto @jala_rasa

Ngelancong ke Yogyakarta sebuah daerah istimewa yang terkenal dengan gudeg. Setelah merasa puas nongkrong di kampung bule. menurut pemilik kedai kopi @unique_coffeeshop,  kawasan Prawirotaman disebut kampung bule lantaran para bule mengaku terasa di kampung halamanya sendiri.

Secara kawasan ini lebih bebas ketimbang daerah-daerah lainnya yang ada di Jogja. Sepanjang jalan dan gang-gang di Prawirotaman menjamur kedai kopi, bar, dan tempat penginapan.

Pagi itu, kira-kira pukul 10.00 WIB, kami  meluncur ke gunung merapi mengenakan jasa rental.  Sepanjang perjalanan kami disambut bebarap jeep yang mengakut penumpang yang offroad yang melintasi jalan berbatuan dan aliaran sungai, sudah mirip iklan jarum super dengan slogan ‘My Live My Adventure’

Sejanak kami menyaksikan, lalu kami melanjutkan perjalanan sampai benar-benar menjumpai tempat para jeep tersebut siap mengakut orang-orang yang telah siap menelusiri lereng-lerang merapi.  Menelusuri lerang erupsi merapa memang diperuntukan bagi mereka yang menyukai dengan hal-hal yang ekstrim dari medan jalan yang penuh dengan bebatuan dan berpasir.

Perjalan sesungguhnya baru dimulai. Oh iya, di sini tersedia tiga jenis dari perjalanan yang jangkauan biasa, sedang dan perjalanan panjang.

Medan penuh bebatuan dan berpasir membuat kami ikut bergoyang seperti sedang mengikuti irama dangdut.

 

1.Pemukiman Warga

akibat erupsi gunung merapi Jogja foto @jala_rasa

Pemukiman warga dan salah satu rumah  adalah milik pak Lurah  yang ikut hancur akibat erupsi gunung merapi. Hemburan lahar panas beberapa tahun yang lalu kini menyisakan puing-puing yang hangus serta tulang-belulang ternak.

akibat erupsi gunung merapi di Jogja foto @jala_rasa

Saya menelusiri setiap sudut bangunan dan terbanyang rasa horor yang begitu mencekam . Ada tangis bercampur jerit ketakutan tanpa daya  saat  berhadapan dengan lahar panas.

akibat erupsi gunung merapi di Jogja foto @jala_rasa

2.Batu Alien

batu berwajah manusia foto @jala_rasa

Kami melanjutkan  perjalanan, kali ini adalah hamparan luas yang dipenuhi bebatuan. Salah satu batu yang kini menjadi daya tarik wisata adalah batu alien. Menurut pengemudi jeep batu tersebut dinamakan batu alien lantaran pada satu sudut menyerupai wajah manusia.

3.Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem foto @jala_rasa

Bungker Kaliadem ini biasa dijadikan tempat untuk berlindung, namun siap sangka ternyata lahar panas dapat masuk ke dalamnya.

 

 

REKOMENDASI Post Penulis