Gus Dur yang Dituduh dan Amien Rais Disebut Terima Korupsi Uang Alkes

foto Amien Rais di seword.com

Saat KH Abdurrahman Wahid  menjabat presiden 2001,  Gus Dur untuk sapaan akrabnya dituduh terlibat kasus korupsi Bulog dan dana dari Brunei.  Sebuah kasus yang  membuat dirinya mesti merelakan mundur dari kursi presidegan.  Apakah Gus Dur ikut terlibat atau hanya akal-akalan para  MPR waktu itu.  Sebab, sampai saat ini kasus tersebut masih belum jelas alias tidak ada kejelasan status hukum yang dituduhkan kepadanya.

Masyarkat tentu belum benar-benar lupa bagaimana para anggot MPR yang diketuai Amin Rais membuat  mosi tidak percaya terhadap Gus Dur.  Gus Dur pun lengser dan banyak anggapan Amin Rais lah sebagai orang paling bertanggungjawab atas mundurnya Gus Dur.

Begitulah politik yang mewarnai sejarah Indonesia, Gus Dur lengser bukan lantaran kasus korupsi melainkan politik, sebagaimana diungkapkan Luhut Binsar Panjaitan pada acara haul Gus Dur.

 

Luhut  yang waktu itu menjabat  Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Gus Dur mengatakan,  pemakzulan terhadap Gus Dur bukan disebabkan persoalan hukum kasus Brunei dan Bulog seperti yang dituduhkan selama ini. Hal itu terbukti dengan putusan penngadilan.

“Saya lihat tidak ada aspek korupsi karena pengadilan sudah memutuskan tidak. Beliau juga tidak melanggar konstitusi. Nah oleh karena itu, saya lihat pelengseran itu menyangkut masalah politik,” ungkap saat menghadiri Haul wafatnya Gur Dur  sebagaimana dikutip beritasatu.com .

Begitulah sekelimut sejarah tentang Gus Dur dituduh korupsi dan Amien Rais yang merupakan ketua MPR waktu itu dianggap orang yang paling bertanggungjawab.

Dan kini Amien Rais yang merupakan mantan ketua MPR ini sedang ramai diberitakan di sejumlah media online.  Pria yang masih ikut terlibat dalam dunia politik dengan memberikan sumbangan komenter-komentar cukup membuat orang waras geleng-gelang ini malah disebut KPK Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Iskandar Marwanto, ada aliran dana 600 juta yang mengalir ke rekening Amien Rais.

Ada apa dengan Amien Rais? Ia yang selama ini begitu gencar berbicara tentang korupsi sampai menuliskan kata pengantar pada buku tulisan Marwan Batubara berjudul Usut Tuntas Dugaan Korupsi Ahok.

Amien Rais, menyebut korupsi sebagaiamana  disebutkan dalam Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) didefinisikan sebagai tindakan yang dikategorikan melawan hukum.

“Berdasarkan ilmu politik, korupsi adalah penyalahgunaan jabatan dan administrasi, ekonomi atau politik, baik yang disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain, yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga menimbulkan kerugian bagi masyarakat umum, perusahaan, atau pribadi lainnya,” katanya dalam kata pengantar buku Korupsi Ahok yang ditulis Marwan Batubara, sebagaimana dikutip dari . bangka.tribunnews.com

Amien Rais tetaplah seorang politikus, ia mengetahui namanya disebut-sebut dalam pusaran kasus korupsi alat kesehatan langsung meresponnya, ia bahkan berniat menemui ketua KPK, Agus Rahardjo  untuk menjelaskan tudingan Jaksa KPK soal aliran dana korupsi alat kesehatan  sekaligus akan melaporkan dua tokoh nasional yang diduga terlibat kasus korupsi.

“Hari Senin (5/6) saya akan minta ketemu dengan Pak Agus Rahardjo dan kalau bisa juga ketemu Ketua KPK yang lain,” ujar Amien Rais, sebagaimana dikutip detik.com

 

REKOMENDASI Post Penulis