Pada Akhirnya Orang-orang Termasuk Aktor Ganteng Memuji Perempuan Ini

Aktor Leonardo DiCaprio di http://showbiz.liputan6.com

angkringanwarta.com,  Mungkin sudah menjadi kebiasan banyak orang Indosia, menilai seseorang dari dari bungkusnya saja. Ungkapan tersebut dirasa cocok disematkan Susi Pudjiastuti, seorang perempuan kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini diangkat Presiden Jokowi untuk menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dari Kabinet Kerja 2014-2019.

Apa yang terjadi saat susi diperkenalkan sebagai menteri oleh Presiden Jokowi,  menteri Susi  dicibir habis-habisan, latar belakang dirinya yang hanya tamatan SMP alias SMA tak lulus menjadi sarapan para akedemisi yang menggap dirinya lebih layak untuk menempati posisi menteri. Bahkan Seorang pakar kelautan ITB, Muslim Muin menyebutkan bahwa pengakatan Susi sebagai menteri adalah hal yang ngaco.

Kepada kompas, pakar ini mengatakan, keberhasilan menteri susi sebagai pengusaha ikan bukan berarti bisa memimpin KKP.  Ia pun mempertanyakan apakah Menteri Susi memahami teknologi kelautan. marine products economics, coastal processes, dan underwater technology. 

Pokoknya Jokowi telah ngaco mengakat Susi sebagai menteri dan ini menandakan Jokowi tak memahami paham laut dan cita-cita Indonesia sebagi poros marimtim hanya omong kosong.

Tak hanya itu saja, ia juga dicibir karena berpenampilan tak sewajarnya, tema utama untuk mencibir perempuan dengan suara serak ini seputar tak tamat SLTA, rokok yang selalu menyelip di antara kedua jari,  sampai tatoan. Semua olok-olokan mengarah padanya tanpa menteri Susi diberikan kesempatan.

Lambat taun, Menteri Susi menunjukkan taring sebagi perempuan perkasa dan menampar mereka yang mengolok-ngoloknya, mereka yang merasa lebih segala jika dibandingikan Menteri Susi.  Susi menggebrak sistem perikanan yang selama ini tak banyak orang mengetahui dari pencurian ikan sampai alat tangkap ikan yang merusak ekosistem, aksi Menteri Susi menenggelam kapal sudah seperti di film-film, meninjau kembali ijin dan banyak hal kebijakan yang dibuat Menteri Susi.

Ketangguhan Menteri Susi dalam persoalan kelautan dan perikan mengundang detak kagum termasuk aktor ganteng Holywood, Leonardo DiCaprio. Pemain film Titanik ini menyampaikan pujian kepada Menteri Susi melalui forum PBB.

Aktor ganteng, Leonardo DiCaprio mengatakan apa yang dilakukan  Menteri Susi dalam pemberantasan illegal fishing  di Indonesia. Aksi menteri Susi dengan membuat sistem pemantauan kapal perikanan dengan satelit (vessel monitoring system/VMS) melalui platform Global Fishing Watch (GFW) adalah sesuatu yang patut dicontoh, dikutip dari kompas

Menteri  Susi berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang mengembangkan pengetahuan akan data VMS, sehingga mengungkap komersialisasi perikanan di area laut yang luas yang sebelumnya tertutup bagi masyarakat. “Ini adalah langkah kepemimpinan yang berani yang kita perlukan di seluruh dunia,” tegas DiCaprio.

Keberanian Menteri Susi dalam menjaga ikan dari kapal asing membuat dirinya menyabet tiga penghargaan dari dunia. Penghargaan pertama datang dari  Organisasi pelestarian lingkungan World Wide Fund for Nature (WWF) Internasional menganugerahkan ‘Leaders for a Living Planet Awards’ kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Lalu ada penghargaan Seafood Champion Award dalam acara Seaweb Seafood Summit yang diselenggarakan di Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat. Menteri Susi dianugerahi penghargaan dalam kategori leadership atau kepemimpinan.

Dan berkutnya adalah penghargaan bidang maritim global, yaitu Peter Benchley Ocean Awards, yang digelar di lembaga Smithsonian, Washington DC, Amerika Serikat.

REKOMENDASI Post Penulis