5 Tempat Wisata Murah di Jakarta

AngkringanWarta.com,- Jakarta bukanlah Bali yang mempuyai segudang alasan mengapa wisatawan tertarik untuk mengunjungi pulau dewata (sebutan untuk Bali). Jakarta juga bukan Jogja yang semuanya masih serba murah dari makanan sampai tempat nongkrong.

Jakarta adalah kota padat dengan segudang kesemrawutan tata kota, di kota metropolis ini semua berjalan begitu cepat jauh banget dengan Bali, semisal Ubud dengan panaroma alamnya, menjadikan Ubud sebagai tempat nyaman berisitirahat.

Dan dikatakan Jakarta juga adalah tempat untuk mencari uang, maka tak mengherankan jika Jakarta selalu kebanjiran masyarakat daerah yang mencoba peruntungan di Jakarta, apalagi pasca Lebaran. Banyak di antara mereka yang membawa sanak-saudara atau tetangga yang mengadu nasib di Jakarta.

Dan ternyata Jakarta juga mempunyai sisi lain berupa tempat wisata yang bisa dikatakan sangat murah jauh dari kesan bahwa Jakarta serba maha. Wisata ini tergolong murah sangat pas untuk mereka yang berkantong pas-pasan atau ingin santai melepaskan penat selama satu minggu bergelut dengan kerjaan.

Berikut ini, angkringanwarta.com mencantumkan 5 tempat wisata murah di Jakarta.  Kelima tempat wisata ini tergolang selalu ramai dan  tak pernah ada kata sepi dari pengunjung terutama pada hari libur mingguan.

1. Monumen Nasional (Monas) 

Melihat Monumen Nasional (Monas) via http://www.jdlines.com

 

Kalau berbicara yang satu ini, sudah banyak orang yang tak mengenalnya. Monumen Nasional (Monas) merupakan ikon kota Jakarta. Maka sudah barang tentu saat mendapat kata tentang Monas maka jawabanya adalah Jakarta. Monas dengan ketinggian mencapai  132 meter ini memang cukup populer hingga luar negeri.

Pada mulanya, didirikan tugu dengan ujung tugu berupa lidah api dengan lapisan emas  murni  guna mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam kemerdekaan Indonesia. Bangunan yang katanya tertinggi di Jakarta ini juga terdapat museum Sejarah Nasional Indonesia, posisinya tepat di bawah tugu monas. Jadi kamu juga bisa mengajak buah hati untuk kembali menelusuri jejak-jejak Indonesia dalam perebutan kemerdekaan Indonesia.

2. Kota Tua

halaman Museum fatahillah (foto @jala_rasa)

Ngelancong atau wisata kota tua sangat cocok dilakukan oleh siapa baik muda-mudi, kelaurga dan bagi kamu yang sedang bemesraan.  Kawasan ini terdapat sejumlah titik yang asyik untuk nongkrong maupun foto selfie lumayan untuk mejeng di jejaring sosial seperti instagram.

Oleh sebab itu, tak mengherankan jika Kota Tua menjadi pilihan terbiak untuk mengisi waktu liburan. Selain itu, kawsan Kota Tua juga menjadi aternatif hiburan murah, jadi kamu tak perlu merogoh kocek banyak untuk menikmati segala hal yang ada di Kota Tua.

Selain santai bersama teman-teman atau pacar, bagi kamu membawa keluarga, kawasan Kota Tua ini juga terdapat sejumlah museum dan arena bermain anak. Museum  bank Mandiri, museum fatahillah dan ada juga  museum wayang. Kamu bisa mengajak buah hati untuk mengenalkan kepada buah hati tentang sejarah Jakarta tempo dahulu. Lumayan selain menghibur dengan anggaran murah, kamu juga bisa memberikan pendidikan terhadap anak.

Selepas keliling museum, kamu bisa menyewa sepeda cantik penuh warna dengan bergaya tempo dulu. . Sepada cantik penuh warna ini bisa kita sewa dengan harga cukup murah, harga sewa sepada cantik 

Adapun untuk sampai ke kota tua sangatlah mudah, yakni kamu bisa memilih transprotasi berupa kerata KRL-  Commuter Jabodetabek  dan turun di stasiun Kota Tua, jika masih bingung tinggal menayakan langsung kepada petugas

3. Pencinaan Glodok

Sebelum sampai ke Glodok, kamu akan melintasi gang Gloria (foto @jala_rasa)

Setelah kamu merasa puas jepret-jepret di Kota Tua, maka saya sarankan untuk meluncur ke Pencinaan Glodok. Sebab, jarakya tak terlampau jauh dengan Kota Tua, maka cocok untuk melanjutkan kegiatan kamu yang berhubungan dengan kamera.

Pencinaan Glodok sendiri merupakan salah satu kawasan yang katanya paling banyak orang keturunan Tionghoa, mereka telah menetap sejak nenek moyang mereka. Maka tak mengherankan jika  Pecinan Glodok menjadi kawasan pecinan terbesar di Indoneisa.

Hal yang menari untuk saaran lensa kamera kamu adalah bangunan yang hingga kini masih dipertahankan, bangunan yang akan membawa kamu seperti menyelusuri tempa dulu. Sambil menelusuri beberap bangunan tua, ada juga klenteng, wihara dan kamu juga bisa mencicipi langsung kuliner khasnya.

3. Kebun Binatang Ragunan

Mengajak buah hati melihat binatang di kebun raya Ragunan (foto @jala_rasa)

Salah satu wisata murah di Jakarta, yakni kebun binatang ragunan. Sebagaimana halnya Kota Tua, kebun binatang Ragunan tak pernah sepi dari pengunjung pada hari libur,   Sabtu atau Minggu.  Menyaksika aneka ragam hewan dari paling lucu sampai paling buas bersama orang-orang tersayang pastinya sangat menyenangkan.

Wisata ke Kebun Binatang Ragunan juga bisa memberikan lebih tak hanya sekadar hiburan semata, pati juga sarana pendidikan bagi buah hati Anda. Kamu bisa memberikan pendidikan berupa  nama-nama binatang, kamu bisa memberikan edukasi kepada buah hati tentang nama-nama hewan dan di mana meraka tinggal dan kondisi habita saat ini?

Untuk meluncur ke Ragunana, kamu juga nggak perlu repot-repot. Sebab, saat ini sudah banyak transjakarta yang akan siap mengantarkan kamu ke kebun raya Ragunan.

4. Setu Babakan 

 

Menikmati perkampungan Betawi di Setu Babakan via http://www.apagimana.com

Sebuah setu yang berada di Jakarta Selatan, hal menarik dari setu ini bukan hanya kamu dapat duduk santai sambil menikmati pemandangan setu, tapi juga terdapatnya perkampungan Betawi.

Keberadaan  sudah ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya Jakarta.  Oleh sebab itu, kamu juga bisa belajar atau setidaknya mengenal budaya Betawi dari kegiantan sempai makanan khas betawi, seperti kerak telor, bir pletok dan lain-lainya.

5. Taman Seropati 

Menikmati sejuknya taman Suropati via http://porosjakarta.com

 

Taman yang tak begitu luas, tapi sangat cocok untuk menghirup segarnya udara pagi hari.  Bagaimana tidak, jika kamu selalu bergelut dengan aspa kendaran dan suara klakson yang saling saut-menyaut, serta bangunan kokoh berdiri.

Taman ini ditumbuhi beragam pepohonan rindang membuat kamu begitu nyaman menghabiskan pagi hari sambil berolahraga. Di Taman Suropati, Menteng– kamu juga bisa menjumpai  beragam aktivitas yang biasa digelar, semisal pertunjukan musik, latihan biola, kursus melukis, hingga pertemuan beberapa komunitas Jakarta.

Begitulah 5 tempat wisata murah di Jakarta, kelima wisata ini tak menawarkan kemewahan untuk kamu nikmati, tapi menawarkan sejarah berdirinya bangsa ini dan kesejukan alam yang berada di taman sebagai pelepas penat. Jika ada tambahan tentang tempat wisata lainya di Jakarta, silakan kirim ke email angkringan123@gmail.com

 

REKOMENDASI Post Penulis