Anggaran Promosi Enggak Ada Seujung Kukunya McDonald s, 3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Sebagai Promosi. Murah dan Efektif

ilustrasi media sosial sebagai sarana media promosi

angkringanwarta,com ,- Sejumlah kalangan dari pelaku bisnis menilai, kualitas produksi bukan hal yang benar-benar utama. Mereka beranggapan sebagus-bagusnya kualitas produksi akan menjadi sia-siap tanpa adanya orang mengetahui tentang produk tersebut.

Untuk itu, pelaku usaha lebih mengutamakan hal promosi dalam mengenalkan sebuah produk. Bagi mereka,  promosi merupakan langkah yang jauh lebih penting dalam menjalan roda usaha. Teramat pentingnya sebuah promosi, maka tak mengejutkan jika sejumlah pelaku bisnis rela mengelontorkan angaran yang bikin kepala geleng-geleng.

Bagaimana enggak geleng-geleng kepada, lihat saja McDonald s, seperti dilansir The Christian Science Monitor, sepanjang tahun 2013 restoran burger terkenal itu rela menggelontorkan biaya promosi hingga mencapai $ 988 juta dolar, angka tersebut jika dirupiahkan 0 ada berapa yak?.

Memang anggaran tersebut bukan sebuah masalah bagi pelaku bisnis yang telah mempunyai anggaran yang cukup besar. Namun bagaimana dengan pelaku usaha yang baru saja merintis dengan anggaran seadanya. Pastinya sesuatu yang mustahil jika harus mengikuti jejak McDonald atau pebisnis lainya sudah mapan secara keuangan.

Ada cara-cara hemat yang bisa kamu lakukan, dan bagusnya lagi, cara-cara ini terbukti efektif dalam “mengikat” konsumen serta menjaring yang baru.

Nah, berikut anggkringanwarta akan memberi tips an trik jitu promosi berbiaya rendah – atau bahkan gratis – terutama untukmu sedang merintis bisnis

1. Maksimalkan dan jadikan Media sosial sebagai media promosi. Jadi kamu juga perlu merancang setiap tweet, status update, dan foto  sedemikian rupa untuk menjaring pelanggan.

Media sosial adalah salah satu cara paling murah untuk mempromosikan bisnismu. Mulailah dengan membuat akun khusus untuk usaha kamu. Buat fanpage di Facebook, dirikan akun Twitter untuk menyapa para pelangganmu, dan manfaatkan Instagram sebagai katalog dari usaha kamu.

Pastikan bahwa akun Facebook, Twitter, dan Instagram ini dikelola dengan baik dan selalu update. Lewat aplikasi seperti Hootsuite dan Buffer, tentukan “jam-jam emas” di mana follower atau pengguna Facebook yang menge-like page kamu paling aktif.

Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi cukup efektif dan murah. Banyak beberapa pelaku bisnis sukses berkat branding mereka yang strategis dan rapi di media sosial.

2. Salah satu cara menggaet pelanggan baru adalah dengan mengesankan bahwa mereka bisa nyaman bersantai di usaha. Kenyamanan menjadi cikal bakal usaha kamu terus berkembang. Maka tak ada salahnya, jika kamu mengajak teman untuk berkumpul ????

Ajak teman-teman kamu untuk nongkrong di tempat usaha kamu. Nongkrong rasanya kurang lengkap tanpa secangkir kopi, maka tak ada salahnya jika kamu mengeluarkan modal kopi untuk menyambut mereka. Biarkan mereka sruput kopi sepuasnya sambil bermain HP.

Pertama, pasti teman-temanmu akan sangat senang sekali jika diajak nongkrong. Apalagi jika kamu sediakan kopi dan wifi gratis. Namun ingat, kopi gratisnya cukup di awal-awal pembukaan saja. Kamu nggak mau ‘kan, strategimu untuk menekan biaya promosi malah jadi menyebabkan biaya produksimu membengkak?

3. Daripada promosi lewat pamflet di lampu merah, lebih baik bagikan stiker atau kaos sablon untuk  pelanggan. Selain tak perlu panas-panas, cara ini juga efektif dan lebih elegan.

Banyak pebisnis restoran atau kafe yang memilih mempromosikan usahanya via pamflet atau brosur, dan menyebarkannya di parkiran atau di lampu merah. Walaupun lebih murah dari beriklan billboard, cara ini belum tentu efektif. Coba deh ingat lagi, berapa pamflet sih yang pernah kamu simpan selama ini? Paling-paling pamflet atau brosur itu hanya berakhir di tempat sampah bahkan sebelum kamu sempat membaca apa yang ada di dalamnya.

Jadi cobalah kamu mengganti strategi pamfletmu dengan stiker atau kaos sablon. Cetak stiker atau kaos sablon dengan desain yang bagus atau tulisan menarik sehingga membuat orang ingin menempelkan dan mengenakan kaos sablon kemana saja. Dengan begini mereka pun akan tergoda untuk mengecek apa yang menarik dari usaha kamu.

 

REKOMENDASI Post Penulis