Ngelancong Makam Raja Mataram, Ada yang Tau Makam Sembara?

Masjid Mataram (foto @jala_rasa)

AngkringanWarta.com,- Ngelancong pada sebuah kota yang disebut kota pelajar, kota dengan segala kenangan begitu berkesannya, Kla project melantunkan tembang Yogyakarta. Sebuah lagu begitu populer pada zamannya. Mari sedikit mengenang tentang kota ini.

 

Sambil mendengarkan lagu penuh kenangan jangan lupa sruput kopi hitamnya.  Oh iya, salah destinasi yang saya kunjungi adalah kota Geda, tak jauh darinya terdapat Astana Imogiri sebagai pusat pemakaman keluarga raja-raja Kesultanan Mataram

Pemakaman keluarga diceritakan wikipedia  dibangun Sultan Agung menjelang tahun 1645. Bangunan ini sengaja dibangun sebagai tempat peristirahatan terakhir dirinya dan raja-raja lainnya. Ia juga menuliskan serat Sastra Gending sebagai tuntunan hidup trah Mataram.

 

makam-raja-raja-mataram-di-Kota-Gede,-Jogja-(foto-@jala_rasa)

Nah, jika foto di atas  adalah makam para raja mataram lalu di mana makam  dengan Sembara, Farida,  kocak Basir dan lainnya.

Farida yang gadis cantik pujaan hati Sembara tak lain merupakan sesosok paling dibenci mak Lampir.  Mereka ini kerap menghiasi layar televisi dengan judul  Misteri Gunung Merapi.

Mak Lampir Vs Sembara 

Hampir setiap epesode menampilkan aksi laga antara mak Lampir dengan Sembara, lalu mak Lampir beradu kesaktian dengan Mahesa Jenar (Putra Sembara). Kisah ini berlanjut pada Mataram, Belanda serta para  kiai  dan masih banyak tokoh lainnya tak bisa disebutkan satu-persatu.

Mataram VS Belanda

Mak Lampir itu orang penting, bayangkan saja karena kesaktian seorang Mak Lampir  diajak bersekongkol oleh Kapten Marcus. Seorang kapten kompeni ini butuh bantuan mak Lampir  untuk mengahalau orang-orang Mataram, silakan simak saja di youtube mak lampir bersekongkol dengan kapten Marcus.

Masih enggak percaya Belanda menjalin kerjasama dengan mak Lampir?

Ini  sungguh  imajinasi liar dari pengarang M. Abnar Romli dan Niki Kosasi.  Coba bayangkan saja,  film ini bisa memadukan  sosok mak Lampir kerap meneror dengan  Sembara sebagia penumpas kejahatan, perpadu dengan kerajaan Mataram, Belanda.

Akh sudahi saja tentang mak lampir dan segala hal lainnya, lagian pula saya bukan penggemar buku sejarah . Sejarah Bagi saya bikin bingung, enakan sruput kopi sambil memikirkan kemana lagi kaki melangkah.

Yups, bersiap ngelancong kembali

 

 

REKOMENDASI Post Penulis