Sruput Kopimu Sobat Fresh Graduate

melamar kerja via http://www.isigood.com

Apa kabar sobat fresh graduate se-Indonesia. Selamat berakhir pekan semuanya.

Badan Pusat Statistik boleh saja memaparkan data angka kemiskinan di bawah 10%. Pak Presiden dan jajaran kementeriannya boleh saja mengklaim angka kemiskinan di Indonesia turun drastis di masa kepemerintahannya.

Tapi kita selaku fresh graduate juga boleh mendeklarasikan, betapa susahnya nyari kerja di jaman sekarang.
Coba saja kalian renungkan. Pasca menyelesaikan skripsi dan menyidangkannya, revisi bolak-balik ke dosen penguji hingga menyandang gelar sarjana saat diwisuda.

Mulanya, kalian pikir masa depan sudah ada di depan mata. Namun realitanya justru lebih kejam. Berapa lama rentang waktu kalian menyandang gelar sarjana hingga saat ini masih mencari kerja? Jikalau sudah direnungkan dan dihitung sudah lebih dari lima bulan mencari kerja, percayalah kalian gak sendirian.

Buka situs lowongan kerja dan permak CV tiap harinya sudah menjadi agenda wajib tiap harinya. Belum lagi, sampai panas-panasan buat keliling ke beberapa perusahaan. Telpon masuk dari nomor asing juga begitu dinantikan, syukur-syukur HRD datang menyelamatkanmu dari kemiskinan.

Duh, rasanya lagu Iwan Fals yang berjudul Sarjana Muda cocok banget menggambarkan situasi kalian saat ini.
Nah, di akhir pekan ini segeralah sruput kopi kalian sobat-sobat fresh graduate. Dan tanamkan ini dalam hati kalian: dapat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cumlaude bukan jaminan, lama-lama di bangku kuliah pun juga bukan jaminan. Nyatanya, memang orang dalam kemampuanlah yang mampu memberi kalian pekerjaan.

REKOMENDASI Post Penulis